Pertama di Indonesia, Ini Serunya Berbelanja di Pasarina yang Pakai Teknologi Metaverse

Firdhayanti - Minggu, 26 Juni 2022
Pasarina by Ranch Market menghadirkan pengalaman berbelanja dengan teknologi metaverse.
Pasarina by Ranch Market menghadirkan pengalaman berbelanja dengan teknologi metaverse. GALA INDIGA

 

Parapuan.co - Seiring dengan kecanggihan teknologi, kini berbelanja di supermarket secara offline menawarkan pengalaman baru bagi konsumennya. 

Hal itu yang dilakukan oleh supermarket lokal premium Pasarina by Ranch Market yang berada di bawah naungan PT Supra Boga Lestari, Tbk. 

Pasarina by Ranch Market menawarkan konsep metaverse bagi para pengunjung yang ingin berbelanja. 

Lewat teknologi metaverse yang pertama kali dihadirkan di Indonesia, Kawan Puan dapat berbelanja berbagai macam produk, mulai dari kebutuhan sehari-hari dari produk lokal unggulan.

"Aplikasi ini menjawab tantangan yang selalu mendorong konsumen. Karena dunia metaverse di luar sedang ramai sehingga mereka juga ingin tahu apa itu. Dengan adanya teknologi ini, kami harap dapat memberikan satu pengalaman belanja yang menyenangkan bagi konsumen," ucap Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk, dalam media gathering di Sarinah, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/6/2022). 

Selain itu, konsep metaverse ini merupakan salah satu upaya untuk bersaing dengan pasar online

“Mencoba bersaing dengan toko online. Kita mencoba menawarkan pengalaman,” jelas Maria lagi. 

Keseruan pengalaman berbelanja metaverse ini bisa Kawan Puan rasakan lewat aplikasi yang bernama Trust Live

Fitur brand metaverse Trust Live ini dikembangkan dan dipersiapkan oleh Metaverse Studio Indonesia untuk Ranch Market Group.

Baca Juga: Terobsesi dengan Teknologi, Paris Hilton Berambisi Jadi Ratu Metaverse

Membaurkan pengalaman daring dan luring, Kawan Puan bisa menggunakan aplikasi tersebut saat berada di supermarket. 

Lewat aplikasi tersebut, terdapat tiga fitur dengan mengadaptasi konsep metaverse yang bisa Kawan Puan gunakan saat berbelanja.

Dengan teknologi AI (artificial intelligence) dan Computer Vision, aplikasi ini mampu memberikan pemahaman atas lokasi dan memberikan koordinat pengguna serta teknologi laser scanning untuk melakukan pemindaian terhadap lokasi secara tiga dimensi. 

Terdapat tiga fitur dalam aplikasi Trust Live, yakni Augmented Reality (AR), guidebot, dan gamification

Fitur AR akan menghadirkan berbagai penjelasan dan pengetahuan seputar informasi produk.

Fitur AR yang memberi penjelasan mengenai kerajinan Nusantara
Fitur AR yang memberi penjelasan mengenai kerajinan Nusantara Tangkapan layar Aplikasi Trust Live

Sementara itu, fitur Guidebot berfungsi layaknya personal assistant akan menuntun pengunjung secara digital untuk mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan melalui bantuan robot. 

Jika ingin menggunakan fitur guidebot, Kawan Puan bisa mencari lokasi barang yang ingin didatangi sebelumnya.

Selanjutnya, akan muncul sebuah robot yang akan membantu mengantarkan Kawan Puan ke lokasi tersebut. 

Baca Juga: Begini Peluang Industri Musik di Metaverse, Berpotensi Raih Cuan!

Fitur Guidebot
Fitur Guidebot Tangkapan layar Aplikasi Trust Live

  

Terdapat 10 destinasi utama yang bisa digunakan untuk fitur guidebot dan akan berkembang mengikuti seluruh kategori yang ada di dalam toko. 

Fitur ketiga yakni Gamification, yang mana fitur ini menawarkan pengalaman berbelanja sambil bermain.

Terdapat clue yang Kawan Puan gunakan untuk mencari petunjuk. 

Jika menemukan clue tersembunyi tersebut, Kawan Puan bisa melakukan tangkapan layar atau selfie dan redeem di costumer service untuk mendapatkan hadiah, lho! 

Fitur Gamification.
Fitur Gamification. Tangkapan layar Aplikasi Trust Live

Kedepannya, aplikasi Trust Live juga akan tersedia untuk brand lain milik PT Supra Boga Lestari, Tbk, seperti Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet, Farmers Family dan Day2Day.

Kawan Puan bisa menggunakan aplikasi Trust Live untuk merasakan konsep metaverse mulai 1 Juli 2022 mendatang bagi pengguna Android. 

(*)

Penulis:
Editor: Citra Narada Putri